Sabtu 12 Jun 2021 13:55 WIB

Remaja Perekam Kematian George Floyd Raih Pulitzer

Video yang berhasil direkamnya mampu menggerakkan aksi global

Rep: Zainur mahsir ramadhan/ Red: Esthi Maharani
Sebuah mural yang menggambarkan George Floyd
Foto: AP/Maya Alleruzzo
Sebuah mural yang menggambarkan George Floyd

REPUBLIKA.CO.ID, MINNEAPOLIS  — Remaja yang merekam saat-saat George Floyd ditindih oleh Derek Chauvin diganjar hadiah Pulitzer Jumat (11/6). Penghargaan itu diberikan karena video yang berhasil direkamnya mampu menggerakkan aksi global dalam memprotes ketidakadilan.

Berdasarkan pernyataan pihak pemberi penghargaan, Darnella Frazier (17 tahun), yang merekam video itu, berani merekam pembunuhan George Floyd yang memicu protes terhadap kebrutalan polisi di seluruh dunia. Kendati demikian, Frazier tidak memberikan wawancara kepada media saat mendapatkan penghargaan itu.

Lebih jauh, mengutip AP Sabtu (12/6), Roy Peter Clark, seorang sarjana senior di Institut Poynter, mengatakan dalam kolom untuk Nieman Lab bulan lalu bahwa Frazier harus memenangkan Pulitzer untuk videonya. Clark, yang telah menjadi juri Pulitzer sebanyak lima kali, mengatakan bahwa Frazier seperti kebanyakan jurnalis atau seniman yang telah memenangkan Pulitzer karena membela toleransi, kesetaraan dan keadilan sosial.

“Di sana dia, pada usia 17, menyaksikan ketidakadilan dan dia berdiri di sana menghadapi ancaman dan merekam video itu,” katanya.

Tak sampai di sana, dia menambahkan, memang ada kesulitan untuk memilih banyak calon penerima penghargaan, terlebih ketika banyak karya jurnalis profesional selama beberapa waktu terakhir. Tetapi, video dari Frazier dinilainya mampu membuat dunia gemetar dan seakan membicarakan kebenaran kepada kekuasaan dan memberikan suara kepada yang tak bersuara.

Terlepas dari Frazier, dewan Pulitzer juga mengumumkan bahwa Star Tribune of Minneapolis, memenangkan hadiah pelaporan berita terbaru untuk liputannya tentang pembunuhan Floyd dan akibatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement