Rabu 16 Jun 2021 16:48 WIB

Afrika Selatan Lockdown karena Gelombang Ketiga Covid-19

Kasus Covid-19 di Afrika Selatan meningkat lebih dari dua kali lipat

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Paramedis dari layanan ambulans Saaberie Chishty memasuki rumah seorang pasien COVID-19 di Lenasia, Afrika Selatan, ilustrasi
Foto:

Semua pertemuan pun akan dibatasi maksimal 50 orang di dalam ruangan dan 100 orang di luar ruangan. Pembatasan itu termasuk layanan keagamaan, acara politik, dan pertemuan sosial.

Ramaphosa lebih lanjut mengumumkan bahwa kehadiran di pemakaman dan kremasi juga tidak boleh melebihi 50 orang. Semua jarak sosial dan protokol kesehatan harus dipatuhi.

Doa malam dan pertemuan setelah pemakaman tidak diperbolehkan. Sedangkan penjualan alkohol dari gerai ritel untuk konsumsi di luar lokasi hanya akan diizinkan antara pukul 10.00 hingga 18.00 dari Senin sampai Kamis.

Presiden juga mengatakan bahwa konsumsi alkohol di semua ruang publik, seperti pantai dan taman, dilarang keras. Dia mengatakan kewajiban bagi setiap orang untuk memakai masker yang selalu menutupi hidung dan mulut setiap saat ketika berada di ruang publik.

"Ini adalah pelanggaran pidana untuk tidak melakukannya," kata Ramaphosa.

Afrika Selatan mencatat 8.436 kasus baru dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah kasus yang dikonfirmasi di negara itu menjadi 1,76 juta. Sebanyak 208 kematian terkait Covid-19 lebih lanjut juga dilaporkan pada periode yang sama, menjadikan jumlah total kematian menjadi 58.087. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement