Rabu 23 Jun 2021 15:50 WIB

AS-China Bahas Kemungkinan Pertemuan Menteri Luar Negeri

Gedung Putih juga menggelar rapat internal mengenai siapa yang akan dikirim ke China

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera China-Amerika
Foto:

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam sambungan terus kedua menteri juga membicarakan berbagai topik sensitif lainnya. Salah satunya kebijakan terhadap Korea Utara.  

Blinken juga mengungkapkan kekhawatiran AS terhadap menurunnnya norma-norma demokrasi di Hong Kong dan 'genosida' terhadap masyarakat muslim Uighur di Xinjiang. Menteri Luar Negeri AS itu meminta China menghentikan operasi militer menekan Taiwan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam pembicaraan tersebut Blinken juga meminta Negeri Tirai Bambu membebaskan warga AS dan Kanada 'yang ditahan meski tak bersalah'.  

Sebelumnya, Kepala Penasihat Kesehatan Gedung Putih Anthony Fauci MD mengatakan dua tempat yang mungkin menjadi sumber datangnya Covid-19. Dua tempat tersebut adalah gua kelelawar dan laboratorium di Wuhan.

Fauci mengatakan ada data penting yang perlu diketahui namun belum dirilis oleh pemerintah China. Data yang dimaksud adalah data mengenai sembilan orang yang terkena Covid-19 sebelum penyakit tersebut mulai menyebar ke berbagai belahan dunia. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement