Selasa 29 Jun 2021 22:12 WIB

Inggris akan Sumbang Vaksin ke Indonesia

Menlu Inggris menyampaikan konfirmasi rencana Inggris untuk menyumbangkan vaksin

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Vaksin Covid 19 (ilustrasi).
Foto: Flickr
Vaksin Covid 19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan Inggris akan menyumbang vaksin ke Indonesia. Konfirmasi mengenai hal itu disampaikan saat Retno bertemu Menlu Inggris Dominic Raab di sela-sela pertemuan menlu G20 di Matera, Italia, Selasa (29/6).

“Menlu Inggris menyampaikan konfirmasi rencana Inggris untuk memberikan kontribusi vaksin kepada Indonesia. Mengenai jumlah dan waktu pengiriman masih akan kita bahas lebih lanjut,” kata Retno saat menyampaikan keterangan pers virtual.

Baca Juga

Retno mengungkapkan konfirmasi pemberian vaksin dari Inggris merupakan kelanjutan komunikasi intensif yang dilakukan dirinya dengan Raab. Bulan Maret lalu, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melakukan percakapan via telepon. Sementara pada April, Retno menyambut Raab di Jakarta dalam kerangka RI-UK Partnership Forum.

Dalam pertemuan itu, Retno dan Raab turut membahas mengenai komitmen Inggris untuk lebih mengintensifkan interaksinya dengan ASEAN. Selain itu, mereka turut membicarakan persiapan pelaksanaan UN Climate Change Conference of the Parties ke-26 (COP26).

COP26 bakal digelar di Glasgow, Skotlandia, Inggris Raya. “Indonesia menekankan bahwa komitmen-komitmen yang telah diberikan sesuai Paris Agreement penting diimplementasikan, termasuk terkait mengenai ketersediaan adaptation fund,” ujar Retno.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement