Ahad 01 Aug 2021 00:29 WIB

E-mail Kepala Lab Wuhan Bocor: Jangan Bicara Soal Covid-19

Ilmuwan lab Wuhan diminta untuk tak bicara tentang asal usul virus penyebab Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas keamanan mencoba mencegah fotografer mengambil gambar Institut Virologi Wuhan (WIV), Wuhan, China, 27 January 2021. Sebuah laporan yang diperoleh Amerika Serikat menyebut bahwa kepala lab mengirimkan e-mail kepada stafnya berisi larangan membicarakan virus corona di muka publik.
Foto:

Laboratorium di Wuhan diketahui mempelajari virus kelelawar yang sangat mirip dengan virus corona jenis baru. Sejumlah bukti yang mengejutkan telah membuat beberapa orang mempertanyakan apakah benar bahwa penyakit itu ditularkan dari hewan ke manusia. 

 

 

Teori bahwa pandemi muncul dari laboratorium di Wuhan mendapatkan momentum karena hal itu disebut sebagai salah satu kemungkinan yang tidak bisa diabaikan. Menurut Gary Ruskin, Direktur Eksekutif USRTK, ada banyak bukti mengenai perintah pembungkaman dan penekanan bukti di China mengenai asal-usul Covid-19.

 

 

"Saya telah bekerja di bidang investigasi kepentingan publik selama hampir 30 tahun. Dalam pengalaman saya, ketika suatu entitas bertindak seperti ini, itu adalah tanda yang mencolok bahwa mereka menyembunyikan sesuatu yang serius," ujar Ruskin.

 

 

Ruskin menyerukan penyelidikan "tiga jalur" tentang asal-usul pandemi Covid-19. Ia mengatakan, memang seharusnya ini tidak hanya berfokus pada China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement