Rabu 18 Aug 2021 19:08 WIB

Taliban: Wanita Bisa Bekerja dan Belajar Hingga Universitas

Di bawah Taliban, perempuan Afghanistan tetap diharapkan mengenakan jilbab

Red: Nur Aini
Juru bicara Taliban mengatakan kepada media Inggris pada Selasa (17/8) bahwa perempuan Afghanistan akan memiliki hak untuk bekerja dan menerima pendidikan hingga tingkat universitas.

Shaheen juga mengatakan bahwa tidak ada kelompok atau individu yang diizinkan menggunakan suaka Afghanistan untuk merencanakan kegiatan terorisme.

AS dan kekuatan lainnya menginvasi Afghanistan pada musim gugur 2001, dengan mengatakan bahwa para pemimpin Taliban telah memberikan perlindungan kepada teroris al-Qaeda di balik serangan terhadap AS pada 11 September 2001.

Dalam wawancara itu, Shaheen juga ditanya tentang video dan foto viral yang menunjukkan warga Afghanistan jatuh dari pesawat dalam upaya mereka untuk melarikan diri dari negara itu.

Dia mengatakan Taliban tidak bertanggung jawab untuk hal itu karena warga sudah lama ingin pergi dari negara yang miskin, meskipun eksodus kemudian dipercepat karena pasukan Taliban mengambil alih lebih banyak wilayah dalam beberapa pekan terakhir. Shaheen mengatakan bahwa Taliban dapat mengambil alih Afghanistan begitu cepat karena mereka menginginkan apa yang diinginkan rakyat.

“Tuntutan kami serupa. Budaya kita mirip. Semuanya mirip. Kami lebih dekat dengan rakyat daripada mereka (pemerintah sebelumnya),” ujar dia.

Dengan penghentian bantuan internasional, Sky News bertanya kepada Shaheen bagaimana Taliban dapat menjalankan negara secara finansial.

“Kami memiliki sumber daya alam yang sangat besar. Kami memiliki rakyat yang sangat pekerja keras. Kami berharap dan kami percaya pada rakyat kami dan kapasitas mereka," jawab dia.

Shaheen mengatakan bahwa Afghanistan menginginkan kerja sama masyarakat internasional untuk membangun kembali negara itu.

Dia menambahkan bahwa meskipun tidak menerima dukungan keuangan dari Pakistan, Rusia, atau China, Taliban memiliki hubungan baik dengan mereka.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/juru-bicara-taliban-wanita-bisa-bekerja-dan-belajar-hingga-universitas/2338635
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement