Sabtu 21 Aug 2021 00:10 WIB

25 Senator AS Marah, Senjata Amerika Kini Dipakai Taliban

Sebanyak 25 senator telah melayangkan surat ke Menteri Pertahanan Austin Llyod.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Taliban mengibarkan bendera mereka saat berpatroli di Kabul, Afghanistan, Kamis, 19 Agustus 2021. Taliban merayakan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada hari Kamis dengan menyatakan mereka mengalahkan Amerika Serikat
Foto:

Surat tersebut datang beberapa hari setelah laporan memberatkan oleh Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR), otoritas audit pemerintah AS terkemuka, tentang bagaimana pemborosan biaya yang dikeluarkan oleh AS di Afghanistan. Pada 16 Agustus, SIGAR John Sopko merilis laporan setebal 140 halaman berjudul "Apa yang Perlu Kita Pelajari: Pelajaran dari Dua Puluh Tahun Rekonstruksi Afghanistan.".

Laporan itu menyimpulkan bahwa pemerintah AS secara konsisten meremehkan waktu yang dibutuhkan untuk membangun kembali negara itu. Afghanistan jatuh ke dalam ketidakpastian setelah Biden mengumumkan penarikan ribuan tentara AS yang hadir di negara itu selama 20 tahun pada 31 Agustus. Selanjutnya, Taliban melancarkan serangan besar-besaran terhadap pasukan Afghanistan, merebut sebagian besar negara itu, dan akhirnya merebut ibukotanya Kabul pada 15 Agustus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement