Jumat 27 Aug 2021 06:58 WIB

Polisi Hong Kong Selidiki Penyelenggara Peringatan Tiananmen

Polisi menuduh penyelenggara peringatan Tiananmen beraliansi dengan asing

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
 Petugas polisi berpatroli di Hong Kong Victoria Park, Jumat, 4 Juni 2021. Polisi menangkap penyelenggara acara penyalaan lilin tahunan Hong Kong mengingat tindakan keras yang mematikan di Lapangan Tiananmen dan memperingatkan orang-orang untuk tidak menghadiri acara yang dilarang pada hari Jumat karena pihak berwenang membungkam pro-demokrasi terakhir China suara.
Foto:

Penyelidikan terhadap aliansi itu dilakukan pada saat meningkatnya tindakan keras terhadap kelompok-kelompok politik dan masyarakat sipil dan badan-badan perwakilan lainnya termasuk serikat pekerja profesional yang dituduh pemerintah melakukan tindakan tidak patriotik. Pekan lalu, Front Hak Asasi Manusia Sipil (CHRF) dibubarkan, dengan mengatakan tidak ada anggota yang bersedia melakukan tugas kesekretariatan setelah penyelenggaranya, Figo Chan Ho-wun, dihukum penjara selama 18 bulan.

CHRF juga sedang diselidiki oleh polisi. Organisasi itu telah menjadi penyelenggara aksi protes yang dilakukan di Hong Kong. 

 

Pembubaran terjadi beberapa hari setelah kepala polisi Hong Kong menyarankan bahwa demonstrasi di Tiananmen Square yang diselenggarakan oleh CHRF mungkin telah melanggar undang-undang keamanan nasional. Meski CHRF telah memperoleh izin, dan berulang kali diyakinkan oleh pihak berwenang bahwa undang-undang berusia 13 bulan itu tidak berlaku surut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement