Kamis 09 Sep 2021 00:30 WIB

Kuba, Negara Pertama Lakukan Vaksinasi Anak Mulai 2 Tahun

Kuba menggunakan vaksin buatan sendiri untuk vaksinasi anak.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto:

Chile pada hari Senin menyetujui vaksin Sinovac China untuk anak-anak antara 6 dan 12. Di Amerika Latin, beberapa negara hanya menyetujui vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas. China telah mengesahkan vaksin Sinovac dan Sinopharm untuk anak-anak usia 3 hingga 17 tahun.

Vaksin Kuba, yang pertama kali dikembangkan di Amerika Latin, belum menjalani tinjauan sejawat ilmiah internasional. Vaksin ini didasarkan pada teknologi protein rekombinan, yang sama yang digunakan oleh Novavax Amerika Serikat dan Sanofi Prancis.

Tidak seperti banyak suntikan lain yang digunakan, vaksin rekombinan tidak memerlukan pendinginan yang ekstrim. Sebagian besar sekolah di Kuba telah ditutup sejak Maret 2020, dibuka kembali selama beberapa minggu pada akhir tahun lalu sebelum ditutup lagi pada Januari.

Pemerintah telah mengumumkan sekolah akan dibuka kembali secara bertahap, pada bulan Oktober dan November, tetapi hanya setelah semua anak divaksinasi.

 

Badan PBB Unicef ​​telah menyerukan sekolah-sekolah di seluruh dunia untuk dibuka kembali sesegera mungkin. Kuba telah mengalami ledakan infeksi virus corona dalam beberapa bulan terakhir. Lonjakan kasus telah memberikan tekanan pada sistem kesehatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement