Senin 20 Sep 2021 14:40 WIB

Kasus Covid-19 Naik Lagi di Beberapa Negara Bagian India

Kasus di negara bagian Maharashtra dan Kerala masih tinggi.

Covid 19 (ilustrasi)
Foto:

Tidak rencanakan "lockdown” baru

Otoritas negara bagian Maharashtra dan Kerala sejauh ini tidak memandang perlu diberlakukannya lockdown baru. Beberapa pembatasan dan jam malam masih berlaku, tetapi lockdown baru,  bisa berisiko tinggi bagi ekonomi negara.

"Menurut saya tidak ada kebutuhan untuk lockdown lagi," kata John kepada DW.

"Sistem pelayanan kesehatan Kerala mampu mengelola penyebaran saat ini, dengan kasus rawat inap yang relatif lebih sedikit, sebagian besar karena peningkatan vaksinasi di Kerala. Di Maharashtra juga, tidak ada tanda-tanda peningkatan kasus dan lockdown tidak diperlukan lagi," katanya.

Perpecahan utara-selatan India

Kasus COVID relatif tetap rendah di seluruh India. Studi menunjukkan hal menarik adanya pembagian utara-selatan, antara Maharashtra dan negara bagian selatan lainnya yang memiliki beban kasus tinggi, dan negara bagian utara yang mengalami penurunan kasus.

Beberapa ahli kesehatan mengkaitkan hal ini dengan tingkat pengujian dan pelacakan yang lebih tinggi di negara bagian bersangkutan.

Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan mengatakan, India tampaknya telah mencapai tahap endemik, di mana penduduk belajar untuk hidup dengan virus.

"Karena ukuran dan heterogenitas populasi dan status imunitas di berbagai bagian wilyahan di India juga berbeda-beda, sangat mungkin bahwa situasinya dapat berlanjut seperti ini, dengan pasang surut kasus di berbagai wilayah di India," katanya.

"Khususnya di kawasan dengan populasi yang lebih rentan, kelompok-kelompok yang mungkin kurang terpengaruh oleh gelombang pertama dan kedua, atau daerah dengan tingkat cakupan vaksinasi yang rendah, dapat mengalami puncak kasus infeksi corona untuk beberapa bulan ke depan," ucap Swaminathan.

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/mengapa-kasus-covid-meningkat-lagi-di-india/a-59208557

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement