Rabu 29 Sep 2021 14:14 WIB

Menang di LDP, Fumio Kishida akan Diangkat Jadi PM Jepang

Kishida akan menggantikan PM Yoshihide Suga yang memutuskan untuk mundur.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida.
Foto: AP/Koji Sasahara
Mantan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO --  Fumio Kishida telah memenangkan suara untuk memimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang. Kemenangan tersebut juga menempatkannya di jalur untuk menjadi perdana menteri Jepang berikutnya.

Dikutip dari BBC, mantan menteri luar negeri ini mengalahkan Taro Kono yang secara luas dianggap sebagai kandidat paling populer untuk memenangkan posisi tersebut. Mengingat mayoritas LDP di parlemen, posisi Kishida sebagai perdana menteri telah dipastikan.

Baca Juga

Kishida akan menggantikan Yoshihide Suga yang memutuskan untuk mundur setelah hanya satu tahun menjabat. Misi pertamanya sebagai perdana menteri adalah memimpin LDP menuju kemenangan dalam pemilihan umum mendatang. Partai itu mengalami penurunan popularitas setelah menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo meskipun mendapat tentangan publik.

Sosok Kishida telah lama menargetkan mengisi peran sebagai perdana menteri. Dia kalah dari  Suga dalam jajak pendapat tahun lalu. Suga memutuskan untuk mundur dari jabatannya karena jatuhnya peringkat jajak pendapat yang disebabkan oleh penanganan pandemi.

Perdana menteri baru menghadapi berbagai masalah sulit termasuk pemulihan ekonomi pasca pandemi dan menghadapi ancaman dari Korea Utara. Dia juga menyerukan badan manajemen krisis kesehatan dibentuk untuk menangani pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement