Rabu 20 Oct 2021 13:42 WIB

Senat Brasil: Bolsonaro Hadapi Tuntutan Pidana karena Covid

Pemerintahan Bolsonaro diduga melakukan kesalahan dalam menangani pandemi.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
 Presiden Brasil Jair Bolsonaro.
Foto:

 
Sebelumnya pada Selasa (19/10), Bolsonaro menolak penyelidikan senat dan menyebut penyelidikan itu sebagai lelucon. Dia mengatakan kepada para pendukung bahwa, dia tidak khawatir tentang tuduhan itu.
 
Senat melakukan penyelidikan dengan mendengarkan kesaksian dari kerabat yang anggotanya meninggal dunia karena Covid-19. Para saksi mengatakan, dakwaan juga harus diajukan terhadap lusinan orang termasuk tiga putra Bolsonaro.  Laporan itu menuduh tiga putra Bolsonaro menyebarkan informasi yang salah, sehingga mendorong ketidakpatuhan terhadap langkah-langkah sanitasi untuk menahan lonjakan kasus pandemi Covid-19.
 
Lebih dari 600 ribu orang telah meninggal di Brasil akibat Covid-19. Brasil mencatat angka kematian tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Bolsonaro telah dikritik secara luas oleh para pakar kesehatan masyarakat karena mencerca penguncian. Bahkan dia sering menolak memakai masker di depan umum. Bolsonaro secara terang-terangan menyatakan bahwa dia belum divaksinasi. 

 

"Pada prinsipnya Bolsonaro bertanggung jawab atas kesalahan pemerintah yang dilakukan selama pandemi Covid-19, dan bahwa dia bertindak bertentangan dengan saran Kementerian Kesehatan dalam mendukung penggunaan perawatan yang tidak terbukti," ujar laporan itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement