Sabtu 23 Oct 2021 07:28 WIB

Pfizer Ajukan Berkas Hasil Uji Klinis Vaksin Anak ke FDA

Pfizer telah merampungkan uji klinis vaksin Covid-19 anak usia lima hingga 11 tahun.

Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Hasil uji klinis menunjukkan, vaksin Pfizer memiliki kemanjuran 90,7 persen terhadap SARS-CoV-2 pada anak usia lima hingga 11 tahun.
Foto:

Kelompok anak-anak kedua telah diamati untuk waktu yang lebih singkat. Semuanya telah menerima dosis kedua, dan lebih dari 70 persen lebih dari dua pekan setelah dosis kedua.

Baik vaksin Pfizer/BioNTech dan Moderna telah dikaitkan dengan kasus langka peradangan jantung yang disebut miokarditis, terutama pada pria muda. Pfizer mengindikasikan bahwa tingkat miokarditis pada kelompok usia cenderung lebih rendah daripada yang diamati pada anak usia 12-15 tahun yang divaksin.

Diperkirakan rawat inap akibat Covid-19 yang berhasil dicegah dengan vaksinasi berkali-kali lipat jumlahnya dibandingkan jumlah kasus potensial miokarditis. Vaksin Pfizer/BioNTech sudah memiliki otorisasi peraturan AS untuk orang yang berusia minimal 12 tahun, termasuk persetujuan penuh FDA pada Agustus untuk mereka yang berusia 16 tahun ke atas.

Sekitar 190 juta orang di AS telah divaksin lengkap. Dari jumlah itu, lebih dari 11 juta orang berusia 12-17 tahun telah menerima vaksin Pfizer.

Jika FDA mengizinkan vaksin untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun, sekelompok penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS akan bertemu pada 2 dan 3 November untuk membuat rekomendasi kepada badan tersebut tentang bagaimana suntikan harus diberikan. Sebagian besar negara bagian menunggu CDC untuk menandatangani rekomendasi vaksin sebelum mereka mulai memberikan suntikan.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement