Kamis 28 Oct 2021 01:56 WIB

Aromaterapi Walmart Tercemar Bakteri, CDC Ingatkan Bahayanya

CDC ingatkan konsumen untuk tidak membuang sembarangan aromaterapi tercemar bakteri.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Walmart menarik produk Better Homes & Gardens Essential Oil Infused Aromatherapy Room Spray with Gemstones akibat kontaminasi bakteri mematikan.
Foto:

Menurut CDC, butuh berbulan-bulan penyelidikan intensif untuk menemukan sumber kontaminasi pada produk pengharum ruangan itu.

"Ketika Anda memikirkan ribuan hal yang berhubungan dengan orang di sekitar rumah mereka, sungguh luar biasa kami dapat mengidentifikasi sumbernya dan mengonfirmasinya di laboratorium," kata Dr Inger Damon, direktur Divisi Patogen Konsekuensi Tinggi dan Patologi CDC.

Kini, agensi sedang mencoba mencari tahu bagaimana bakteri Burkholderia pseudomallei yang menyebabkan infeksi bisa masuk ke dalam semprotan itu. Bersama Komisi Keamanan Produk Konsumen dan Walmart, CDC telah menghubungi produsen di India untuk menentukan apakah bahan dari semprotan yang terlibat digunakan dalam produk lain.

Ilmuwan CDC bekerja untuk menilai tingkat kontaminasi dalam botol lain dan apakah aroma lain mungkin juga terkontaminasi. Semprotan aromaterapi itu dijual di 55 toko Walmart dan di situs web perusahaan antara Februari hingga 21 Oktober.

"Sejak Jumat, pengujian CDC dari botol semprotan tambahan telah diuji positif untuk bakteri," kata CDC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement