Kamis 28 Oct 2021 01:56 WIB

Aromaterapi Walmart Tercemar Bakteri, CDC Ingatkan Bahayanya

CDC ingatkan konsumen untuk tidak membuang sembarangan aromaterapi tercemar bakteri.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Walmart menarik produk Better Homes & Gardens Essential Oil Infused Aromatherapy Room Spray with Gemstones akibat kontaminasi bakteri mematikan.
Foto:

Semprotan terkontaminasi itu bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Orang dapat terinfeksi bakteri melalui luka terbuka pada kulit. Akan tetapi, sebagian besar infeksi terjadi karena menghirup tetesan aerosol bakteri.

"Jadi jika aromaterapinya berkabut di udara, kemungkinan besar orang akan menghirupnya," kata asisten profesor kedokteran tropis dan penyakit menular di Baylor College of Medicine, Jill Weatherhead, dilansir Today, Sabtu (23/10).

Bakteri yang menyebabkan melioidosis biasanya tidak ditemukan di Amerika Serikat. Bakteri itu paling sering ditemukan di tanah dan air yang terkontaminasi, khususnya di daerah tropis Australia utara dan Asia Tenggara, utamanya di Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Tak satu pun dari empat orang yang didiagnosis dengan melioidosis itu di Amerika Serikat melaporkan bepergian ke luar negeri. Melioidosis juga dikenal sebagai penyakit Whitmore memiliki gejala yang mirip dengan tuberkulosis, antara lain batuk, nyeri dada, dan demam tinggi.

Jika tidak ditangani, nyawa penderita melioidosis bisa terancam. Dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk pasien penyakit yang jarang ditemukan di Indonesia ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement