Selasa 02 Nov 2021 16:39 WIB

COP26 Meleset, India Targetkan Emisi Nol Bersih di 2070

Setiap hari dunia tertunda dalam mengatasi perubahan iklim

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyapa Perdana Menteri India Narendra Modi, kiri, menjelang pertemuan bilateral mereka selama Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin 1 November 2021.
Foto:

 
India adalah penghasil karbon dioksida terbesar keempat di dunia setelah China, AS, dan Uni Eropa. Tetapi populasinya yang besar berarti emisi per kapitanya jauh lebih rendah daripada ekonomi utama dunia lainnya. India mengeluarkan 1,9 ton CO2 per kepala populasi pada 2019, dibandingkan dengan 15,5 ton untuk AS dan 12,5 ton untuk Rusia tahun itu.
 
Modi membuat janji sebagai salah satu dari lima komitmen dari negaranya. Mereka termasuk janji bagi India untuk mendapatkan 50 persen energinya dari sumber daya terbarukan pada tahun 2030. Pada tahun yang sama, India bertujuan untuk mengurangi total emisi karbon yang diproyeksikan sebesar satu miliar ton.
 
Pidato Modi datang setelah pidato keras dari Sekretaris Jenderal PBB António Guterres. Guterres menuntut agar orang-orang berhenti memperlakukan alam seperti 'toilet', dia dengan tajam mengkritik penggunaan bahan bakar fosil yang terus berlanjut, dengan mengatakan 'kita menggali kuburan kita sendiri'.
 
"Generasi masa depan akan menghakimi kita dengan kepahitan jika mereka gagal di konferensi ini," ujar Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. 
 
Sementara Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa tidak seorang pun dari kita dapat lolos dari yang terburuk dari apa yang akan datang jika kita gagal memanfaatkan momen ini.
 
Namun di luar konferensi, di jalan-jalan kota terbesar di Skotlandia, para aktivis dan pengunjuk rasa menuntut lebih banyak dari para pemimpin global.
 
Juru kampanye remaja Greta Thunberg mengatakan kepada kerumunan demonstran bahwa para politisi di KTT itu berpura-pura menganggap serius masa depan mereka. 

 

"Perubahan tidak akan datang dari dalam sana. Itu bukan kepemimpinan. Ini adalah kepemimpinan. Seperti inilah kepemimpinan itu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement