Jumat 05 Nov 2021 17:09 WIB

PM Lebanon Coba Pulihkan Hubungan dengan Arab Saudi

PM Lebanon Najib Mikati mengatakan negaranya akan pulihkan hubungan dengan Arab Saudi

PM Lebanon Najib Mikati mengatakan negaranya akan pulihkan hubungan dengan Arab Saudi.
PM Lebanon Najib Mikati mengatakan negaranya akan pulihkan hubungan dengan Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT - Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati pada Kamis mengatakan negaranya akan memulihkan "hubungannya dengan Arab Saudi."

"Saya menggantikan Presiden (Michel) Aoun ke KTT perubahan iklim PBB yang diadakan di Glasgow, Skotlandia, dan pertemuan saya dengan berbagai pihak Arab dan internasional," kata Mikati pada konferensi pers setelah bertemu dengan presiden Lebanon.

Baca Juga

Mikati mengatakan Lebanon tidak dapat dijalankan dalam bahasa pembangkangan dan arogansi, dan siapa pun yang berpikir bahwa dia mampu memaksakan pendapat dengan eskalasi verbal dan membawa Lebanon ke pilihan yang jauh dari sejarah Arabnya telah membuat kesalahan besar.

Dia mengatakan "pernyataan Menteri Penerangan George Kordahi membawa Lebanon ke dalam larangan boikot oleh Arab Saudi dan negara-negara Teluk Arab" dan dia meminta "menteri informasi untuk mengambil posisi yang mempertahankan kepentingan Lebanon dan rakyat Lebanon."

Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, dan Bahrain memanggil duta besar mereka dari Lebanon untuk memprotes komentar kritis Kordahi tentang kampanye militer Saudi di Yaman dalam wawancara televisi yang direkam sebelum dia mengambil jabatannya di Kabinet baru yang dipimpin oleh Mikati.

Tiga mantan perdana menteri Lebanon menuntut Kordahi mengundurkan diri pada Sabtu untuk membantu menyelesaikan krisis diplomatik dengan negara-negara Teluk.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran merebut sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota, Sanaa. Koalisi yang dipimpin Saudi yang bertujuan mengembalikan pemerintah Yaman telah memperburuk situasi dan menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pm-lebanon-berupaya-pulihkan-hubungan-dengan-arab-saudi/2412440

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement