Rabu 10 Nov 2021 16:36 WIB

Detik-Detik Dubes Israel Dievakuasi dari Kampus di London

Dubes Israel Hotovely tak hanya ditentang aktivis Palestina, tapi juga Yahudi kiri.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Dubes Israel untuk Inggris Tzipi Hotovely.
Foto:

Hotovely adalah anggota Partai Likud yang dipimpin mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu dan ditunjuk olehnya untuk jabatan itu setelah menjabat sebagai menteri permukiman.

Langkah itu menarik petisi oleh orang-orang Yahudi Inggris sayap kiri yang meminta pemerintah  untuk menolaknya sebagai duta besar. "Hotovely memiliki catatan mengerikan tentang perilaku rasis dan menghasut sepanjang karir politiknya," bunyi petisi tahun lalu.

"Sebagai orang Yahudi Inggris, kami jelas, nilai-nilai dan politik Tzipi Hotovely tidak memiliki tempat di Inggris. Sangat penting bahwa pemerintah Inggris mengirimkan pesan bahwa pandangannya tidak dapat diterima, dan menolak pencalonannya sebagai duta besar," ujar petisi itu.

Hotovely yang juga menjabat sebagai wakil menteri luar negeri antara 2015-2020 adalah pendukung setia gerakan pemukiman Israel dan penentang keras solusi dua negara. Dia juga mengadvokasi aneksasi Israel sepihak atas Tepi Barat, sesuatu yang telah berulang kali ditolak oleh pemerintah Inggris sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement