Sabtu 13 Nov 2021 20:33 WIB

Pekan Depan Berat, Merkel Gugah Warga Jerman Divaksinasi

Merkel khawatir Jerman akan menghadapi pekan berat ke depannya akibat Covid-19.

Kanselir Jerman Angela Merkel memejamkan mata saat sesi pleno pertama parlemen Jerman Bundestag setelah pemilihan, Berlin, Selasa, 26 Oktober 2021. Merkel menggugah warganya untuk mau divaksinasi di tengah terpaan gelombang empat Covid-19.
Foto:

Berdasarkan statistik, sebagian besar orang-orang yang tidak divaksinasi berada dalam kelompok usia yang mengalami gejala kasus Covid-19 tidak terlalu parah. Persoalannya, mereka menularkan virus ke orang lanjut usia yang imunnya lebih lemah hingga akhirnya harus berada di unit gawat darurat meski mereka sudah divaksinasi.

Merkel yang diwawancara presiden Microsoft Brad Smit menyebut bahwa tantangan pandemi dan perubahan iklim serupa. Sebab, keduanya memiliki proses eksponensial yang tingkat keparahannya sulit dikenali dengan kurva pertumbuhan.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

"Ketika Anda mulai melihat peningkatan eksponensial, Anda harus segera bertindak dan memahami apa arti eksponensial tidak tersebar luar di masyarakat," jelas Merkel.

Eropa kembali menjadi pusat pandemi, memicu sejumlah pemerintah untuk mempertimbangkan kembali pembatasan sosial menjelang Natal. Selain itu, muncul perdebatan soal apakah vaksin saja cukup untuk menaklukkan virus corona tipe baru (SARS-CoV-2), penyebab Covid-19.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement