Rabu 17 Nov 2021 08:17 WIB

Biden Larang Pejabat Nikaragua ke AS, Termasuk Presiden

AS melarang masuk mereka yang dinilai telah merusak demokrasi Nikaragua.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joe Biden.
Foto:

Biden mengatakan, dia telah melarang masuknya semua orang yang merumuskan, menerapkan atau mendapat manfaat dari kebijakan atau tindakan yang merusak atau melukai lembaga demokrasi atau menghalangi kembalinya demokrasi di Nikaragua.

Biden juga melarang anggota keluarga para pejabat memasuki Amerika Serikat.

"Mereka telah melecehkan orang untuk memajukan agenda otoriter pemerintah Ortega, dan mengarahkan kekerasan terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi. Pengadilan membantu dan bersekongkol untuk melakukan penangkapan bermotif politik," kata Biden.

Para pejabat AS mengatakan bahwa, pemerintah sedang menyusun sanksi lebih lanjut. Pemerintah akan menggunakan ketentuan lain dalam RENACER Act yang ditandatangani presiden minggu lalu untuk lebih meningkatkan tekanan pada Ortega.

Asisten Sekretaris Negara untuk Urusan Belahan Barat Brian Nichols,  mengatakan kepada subkomite House of Representative bahwa pemerintah akan berusaha untuk mencegah Nikaragua memperoleh dana dari lembaga keuangan internasional.

RENACER Act juga mengharuskan pemerintah AS melaporkan dugaan korupsi oleh keluarga Ortega, dan menyerukan peninjauan partisipasi Nikaragua dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Tengah, yang memberikan perlakuan istimewa untuk ekspor ke Amerika Serikat.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement