Ahad 05 Dec 2021 21:40 WIB

Militer Sudan Keluar dari Politik Usai Pemilu 2023

Militer Sudan akan keluar dari politik setelah pemilihan umum 2023.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan untuk memperbarui tuntutan mereka terhadap pemerintahan sipil di ibu kota Sudan, Khartoum, Kamis, 25 November 2021.
Foto:

Bashir telah dipenjara sejak penggulingannya atas korupsi dan tuduhan lainnya. Bersama dengan beberapa tersangka tokoh  Sudan lainnya, dia juga dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan perang di Darfur.

Pemerintah sipil yang dibubarkan dalam kudeta telah menyetujui penyerahan kepemimpinan kepada Bashir tetapi militer belum menyetujuinya. "Kami memiliki kesepahaman dengan Pengadilan Kriminal Internasional untuk kemunculan (tersangka) di depan peradilan atau di depan pengadilan. Kami tetap berdialog dengan pengadilan tentang bagaimana melakukan yang benar oleh para korban," kata Burhan.

 

Sudan berada dalam krisis ekonomi yang mendalam, meskipun masuknya dukungan ekonomi internasional mulai terasa sebelum sebagian besar dihentikan setelah kudeta. Burhan  mengharapkan dukunga kembali setelah pemerintah sipil terbentuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement