Rabu 08 Dec 2021 22:56 WIB

Dinilai Sosok Bijak, Dhalac Terpilih Jadi Wali Kota Muslim di Maine, AS

Deqa Dhalac menjadi Mulim Afro Amerika di wilayah yang 90 persen kulit putih.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Deqa Dhalac
Foto:

Setelah serangkaian momen itu, beberapa kalangan mendorong Dhalac untuk maju dalam pemilu dewan kota. Dia pun memberanikan diri untuk maju. Pada 2018, lawan Dhalac adalah pemilik bisnis lokal. Tak diduga, Dhalac memenangkan pemilu itu. Dia menorehkan sejarah menjadi warga Afrika-Amerika dan Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota dewan kota Portland Selatan.

Pada 2020, dia kembali mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. Namun kala itu, Dhalac tak menghadapi siapa pun sebagai lawannya. Dia pun terpilih kembali. Pada November lalu, dewan kota Portland Selatan melakukan pemilihan di antara anggotanya untuk menentukan siapa yang akan menjadi wali kota.

Rekan-rekan Dhalac, dengan suara bulat, mendukung pencalonannya. Anggota dewan kota Portland Selatan, yang semuanya berkulit putih, memuji Dhalac atas dedikasinya kepada masyarakat. Selain itu, dia dinilai sosok yang bijaksana.

Pada Senin (6/12) lalu, anggota dewan kota Portland Selatan memilih dan melantiknya secara resmi sebagai wali kota. Dhalac akan mengemban jabatan tersebut selama setahun. Dhalac, imigran Somalia yang terpilih menjadi wali kota di Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement