Senin 13 Dec 2021 20:21 WIB

Kapal Kargo Denmark dan Inggris Tabrakan di Laut Baltik

Dua awak kapal Karin Hoej dilaporkan hilang di tengah lautan Baltik.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Kecelakaan kapal. ilustrasi Kapal kargo Denmark, Karin Hoej bertabrakan dengan kapal kargo Inggris, Scot Carrier pada Senin (13/12) di Laut Baltik.
Foto: Reuters
Kecelakaan kapal. ilustrasi Kapal kargo Denmark, Karin Hoej bertabrakan dengan kapal kargo Inggris, Scot Carrier pada Senin (13/12) di Laut Baltik.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Kapal kargo Denmark, Karin Hoej bertabrakan dengan kapal kargo Inggris, Scot Carrier pada Senin (13/12) di Laut Baltik. Dua anggota awak kapal Karin Hoej dilaporkan hilang di tengah lautan yang dingin tersebut.

Insiden tabrakan terjadi ketika kapal Karin Hoj sepanjang 55 meter, dan kapal Scot Carrier sepanjang 90 meter sedang berlayar ke arah yang sama. Mereka saling bertabrakan pada Senin sekitar pukul 3.30 pagi waktu setempat di perairan teritorial Swedia.

 

Kapal Karin Hoj berlayar dari Sodertalje di Swedia ke Nykobing Falster di Denmark selatan. Sementara, kapal Scot Carrier sedang berlayar dari Hargshamn di utara Stockholm ke Montrose di pantai timur Skotlandia.

 

Operasi pencarian dan penyelamatan melibatkan setidaknya sembilan kapal dan sebuah helikopter di dekat lokasi di lepas pantai pulau Bornholm, Denmark.  Kapal Karin Hoj ​​yang terbalik, telah ditarik ke perairan. Sementara, kapal Scot Carrier tidak mengalami kerusakan parah dan seluruh awaknya selamat.

 

Institut Meteorologi Denmark mengatakan, pada saat insiden tabrakan kabut tidak terlalu tebal. Penjaga Pantai Swedia mengatakan, kemungkinan insiden kecelakaan disebabkan oleh kelalaian besar.

 

Pusat Operasi Gabungan (JOC) Denmark mengatakan, tidak ada tanda sekoci atau peralatan darurat lainnya yang digunakan oleh dua orang awak Karin Hoj. Sementara suhu air sekitar perairan tersebut mencapai 4-6 derajat celcius.

 

"Saya dapat memastikan bahwa kecelakaan telah terjadi tetapi saya tidak tahu situasinya," ujar Direktur Pelaksana Rederiet Hoj yang memiliki kapal Karin Hoj.

 

Pihak berwenang Denmark mengatakan, kapten kapal Karin Hoj telah menjalani tes alkohol sebagai prosedur standar. Hasil tes tersebut akan diserahkan ke polisi Swedia.

 

Administrasi Maritim Swedia (SMA) mengatakan kapal kargo Denmark tidak membawa barang muatan. Sementara, muatan kapal kargo Inggris belum diketahui. Administrasi tersebut akan terus melakukan pencarian terhadap dua awak kapal yang hilang.

 

Perairan antara Swedia dan Denmark telah menjadi lalu lintas maritim skala besar. Sejauh ini, jarang terjadi kecelakaan di sekitar perairan tersebut. Namun pada 2006 sebuah kapal kecil Denmark tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal Swedia. Semua awak berhasil diselamatkan setelah keluar dari kapal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement