Selasa 14 Dec 2021 10:56 WIB

AS tak Sanksi Pasukan yang Salah Sasaran Tewaskan Anak di Kabul

Pasukan AS yang menyerang dengan drone tapi salah sasaran tak dikenai sanksi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Asap mengepul di langit setelah ledakan bom di Kabul, Afghanistan. Pasukan AS yang menyerang dengan drone tapi salah sasaran tak dikenai sanksi. Ilustrasi.
Foto:

Kirby mengatakan jika Austin percaya bahwa akuntabilitas diperlukan dan diperlukan, dia pasti akan mendukung upaya semacam itu. Serangan pesawat tak berawak 29 Agustus pada sedan putih Toyota Corolla menewaskan Zemerai Ahmadi dan sembilan anggota keluarga, termasuk tujuh anak. Ahmadi adalah karyawan lama sebuah organisasi kemanusiaan AS.

Informasi intelijen tentang mobil itu dan potensi ancamannya datang hanya beberapa hari setelah seorang pengebom bunuh diri ISIS menewaskan 13 tentara AS dan 169 warga Afghanistan di gerbang bandara Kabul. AS sedang berupaya untuk mengevakuasi ribuan orang Amerika, Afghanistan, dan sekutu lainnya setelah runtuhnya pemerintah negara itu.

Said menyimpulkan pasukan AS benar-benar percaya mobil yang mereka ikuti adalah ancaman yang akan segera terjadi dan harus menyerangnya sebelum mendekati bandara. Dia menyimpulkan komunikasi yang lebih baik antara mereka yang membuat keputusan serangan dan personel pendukung lainnya mungkin telah menimbulkan lebih banyak keraguan tentang pengeboman, tetapi pada akhirnya mungkin tidak mencegahnya.

Untuk menanggapi peristiwa itu, Said membuat sejumlah rekomendasi, termasuk lebih banyak yang harus dilakukan untuk mencegah bias konfirmasi. Gagasan bahwa pasukan yang membuat keputusan serangan terlalu cepat untuk menyimpulkan apa yang mereka lihat selaras dengan intelijen serta mengonfirmasi kesimpulan untuk mengebom mobil yang ternyata salah.

Menurut Said, militer harus memiliki personel yang hadir dengan tim serangan dan tugasnya harus secara aktif mempertanyakan kesimpulan tersebut. Dia juga merekomendasikan agar militer meningkatkan prosedurnya untuk memastikan anak-anak dan warga sipil tidak berdosa lainnya tidak hadir sebelum melancarkan serangan yang sensitif terhadap waktu. Para pejabat mengatakan McKenzie dan Clarke sebagian besar setuju dengan rekomendasi Said.

AS sedang bekerja untuk membayar reparasi keuangan kepada kerabat dan anggota keluarga yang masih hidup dan berpotensi mengeluarkan mereka dari Afghanistan, tetapi hingga kini tidak ada keputusan final. Ditanya mengapa butuh waktu begitu lama, Kirby mengatakan AS ingin memastikan keluarga itu keluar seaman mungkin dan diskusi tingkat tinggi tentang itu sedang berlangsung.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement