Selasa 21 Dec 2021 23:14 WIB

Hujan Deras dan Banjir Diprediksi akan Sering Terjadi di Malaysia

Pakar lingkungan memprediksi hujan lebat dan banjir akan sering melanda Malaysia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Seorang pria (kiri) mendorong troli dengan anak dan barang-barangnya, sementara anggota keluarga lainnya membawa kasur, setelah banjir melanda Taman Sri Muda, distrik Shah Alam, sekitar 40 km dari Kuala Lumpur, Malaysia, 21 Desember 2021. Pakar lingkungan memprediksi hujan lebat dan banjir akan sering melanda Malaysia.
Foto:

Pada 18 Desember, sistem cuaca memasuki Pahang dan menghantam seluruh semenanjung. Hingga Senin (20/12) malam, setidaknya 10 orang dilaporkan tewas dalam peristiwa itu.

Ahli meteorologi Dr Azizan Abu Samah dari Universiti Malaya mengatakan penyebab banjir di Malaysia adalah interaksi antara sistem cuaca bertekanan rendah, monsun timur laut musiman, dan Topan Rai yang melanda Filipina. "Tiga faktor tersebut menyebabkan curah hujan yang sangat besar pada awalnya melanda pantai timur, sebelum pindah ke daratan ke daerah lain di Semenanjung Malaysia pada Sabtu (18 Desember)," ujarnya.

Azizah mendesak pemerintah untuk meningkatkan sistem peringatan dini sehingga kejadian banjir besar di masa depan dapat ditangani dengan lebih baik. Menurut dia pihak berwenang dapat memperkirakan peristiwa banjir terjadi dan seharusnya berbuat lebih banyak.

Contoh saja pada 17 November, Sekretariat Negara Bagian Selangor mengeluarkan pemberitahuan peringatan bahwa negara bagian akan menghadapi curah hujan yang tinggi pada November dan Desember. Mereka mendesak lembaga negara terkait untuk bersiap menghadapi hal ini.

"Kita perlu meningkatkan sistem peringatan kita. Anda tidak dapat menghentikan cuaca tetapi kami memiliki informasi yang cukup untuk membuat prediksi yang baik, dan dengan sistem peringatan yang baik, kami dapat memiliki respons yang baik terhadap insiden semacam itu,” kata Azizan menekankan bencana terjadi ketika tidak merencanakannya.

Pada akhir pekan, Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan hujan yang tak terduga di Selangor telah membuat pemerintah pusat dan negara bagian lengah. Dia juga berjanji untuk segera menyelesaikan masalah luar biasa dalam pengiriman makanan dan bantuan kepada mereka yang terdampar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement