Rabu 05 Jan 2022 20:30 WIB

Sederet Tokoh Muslim Wanita di India Dilelang Lewat Aplikasi Bulli Bai

Bulli Bai menampilkan foto tokoh muslim di India dengan narasi yang melecehkan

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Pengantin wanita muslim mengenakan pakaian pengantin tradisional pada acara nikah massal di Mumbai India, Sabtu (14/2). Bulli Bai menampilkan foto tokoh muslim di India dengan narasi yang melecehkan. Ilustrasi.
Foto:

Terduga Pelaku Lelang Ditangkap

Mahasiswa teknik Vishal Kumar (21 tahun) ditangkap polisi siber Mumbai sehubungan dengan penyelidikan terhadap dua aplikasi yang melelang para wanita muslim tersebut. Vishal Kumar diinterogasi selama 20 jam sebelum polisi memutuskan untuk menahannya pada Selasa (4/1) waktu setempat.

Seorang petugas dari sel kejahatan siber Mumbai mengatakan Kumar menjalankan salah satu peran kunci di Twitter yang digunakan untuk mengunggah konten dari aplikasi. "Vishal Kumar ditangkap dari Bengaluru pada Senin (3/1) sore dan dia dibawa ke Mumbai pada malam hari. Dia diinterogasi dan beberapa fakta diverifikasi. Setelah perannya ditemukan terlibat dalam kejahatan, dia ditangkap," kata komisaris gabungan polisi Milind Bharambe seperti dikutip laman Hindustan Times, Rabu (5/1).

Polisi Mumbai juga telah menahan seorang wanita di Uttarakhand sehubungan dengan kasus tersebut. Namun, petugas polisi menolak untuk membocorkan rincian tentang wanita itu.

GitHub, platform pengembangan perangkat lunak berbasis di San Francisco yang digunakan untuk membuat situs web, mengatakan telah menangguhkan situs tersebut dan bekerja sama dengan polisi India. Sherwani tidak mengharapkan tindakan tegas dari pemerintah pusat tetapi sedikit berbesar hati bahwa polisi telah menahan seorang mahasiswa teknik karena membagikan rincian lelang di Twitter.

Salah satu wanita yang terdaftar mengatakan tekanan dari hasil pelelangan itu begitu hebat sehingga dia bertanya-tanya apakah dia bisa melanjutkan pekerjaannya sebagai aktivis yang blak-blakan. Hussain mengatakan dia mengerti perasaan itu. "Saya seorang wanita tua. Saya telah melihat banyak hal dan perlu banyak hal untuk menakuti saya, tetapi orang-orang ini dan pemerintah ini telah berhasil membuat saya gelisah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement