Jumat 14 Jan 2022 15:16 WIB

Menlu Malaysia Tegur PM Kamboja karena Kunjungi Myanmar

Menlu Malaysia kecewa PM Kamboja ke Myanmar tanpa konsultasi pemimpin ASEAN.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri Malaysia - Dato
Foto:

Sementara itu, Amerika Serikat mengatakan, Kamboja perlu menekan konsensus lima poin yang disepakati antara Myanmar dan ASEAN tahun lalu. Kamboja juga harus membuat kunjungan ke Myanmar bersama dengan utusan khusus, untuk bertemu semua pihak terkait.

Kamboja tolak kritik

Tahun ini, Kamboja menjabat sebagai ketua bergilir blok Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Menteri Luar Negeri Kamboja, Prak Sokhonn, menolak kritik bahwa kunjungan Hun Sen akan melegitimasi junta Myanmar. Prak Sokhonn mengatakan, fokus Kamboja adalah untuk memperbaiki situasi di Myanmar.

"Upaya akan tetap fokus pada peta jalan perdamaian dan konsensus lima poin yang disepakati oleh para pemimpin ASEAN tahun lalu," kata Prak Sokhonn, dilansir Channel News Asia.

Prak Sokhonn mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan membuka jalan bagi untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, serta dialog inklusif dan kepercayaan politik di antara semua pihak terkait. Kunjungan utusan khusus ASEAN ke Myanmar telah ditunda setelah junta menolak mengizinkannya bertemu dengan pemimpin sipil yang digulingkan, Aung San Suu Kyi.

Sebagai tanggapan, ASEAN mengeluarkan pemimpin junta Myanmar dari pertemuan tingkat tinggi pada Oktober lalu. Ini merupakan tindakan yang jarang dilakukan oleh ASEAN. "Krisis Myanmar memiliki implikasi buruk bagi stabilitas regional, citra, kredibilitas, dan persatuan ASEAN," kata Prak Sokhonn.

Prak Sokhonn mengatakan, Kamboja sedang melakukan upaya untuk mengizinkan pemimpin junta Myanmar menghadiri pertemuan tingkat tinggi ASEAN. Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta tahun lalu. Lebih dari 1.400 orang tewas dalam tindakan keras militer untuk membungkam perbedaan pendapat, dan membubarkan aksi pro-demokrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement