Selasa 18 Jan 2022 21:51 WIB

Tonga Rusak Berat Akibat Tsunami

Seluruh desa di Tonga hancur dan banyak gedung yang hilang.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Foto satelit oleh Planet Labs PBC menunjukkan Niutoua di Tongatapu, Tonga, pada Senin 17 Januari 2022.
Foto:

Seorang warga Inggris Angela Glover meninggal dunia dalam bencana ini. Saudara mengatakan perempuan berusia 50 tahun itu berusaha menyelamatkan anjing-anjing yang ia rawat di tempat penampungan.

Foto-foto yang ditunjukan Selandia Baru dan Australia memperlihatkan debu tebal membungkus Kepulauan Tonga. Bandara utama kepulauan tersebut, Fua’amotu International Airport tidak rusak tapi kabut menyulitkan operasi penerbangan sehingga menunda bantuan internasional masuk.

OCHA mengatakan pemerintah Tonga mengatakan landasan pacu dibersihkan dengan manual. Paling cepat akan dibuka pada Rabu (19/1/2022) besok.

OCHA mengatakan masyarakat di barat pulau utama Tongatapu dievakuasi karena daerah mereka mengalami "kerusakan berat". Sementara melalui siaran televisi pemerintah memperingatkan kenaikan harga karena kelangkaan pasokan.

photo
Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan pandangan lebih dekat dari gunung berapi Hunga Tonga Hunga Haapai di Tonga pada 6 Januari 2022, sebelum letusan gunung berapi bawah laut yang besar. - (Gambar satelit © 2022 Maxar Technologies via )

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan pesawat C-130 dari Australia dapat mengirimkan bantuan kemanusiaan termasuk air besih. Sementara HMAS Adelaide yang butuh lima hari untuk tiba di Tonga siap membawa tim teknis dan medis dan bantuan helikopter.

Jepang mengatakan berharap dapat membantu dengan cepat dan akan membahasnya dengan negara lain di kawasan seperti Australia dan Selandia Baru.

"Dampaknya tidak hanya genangan, tetapi volume abu yang luar biasa yang menutupi semuanya, tentu saja masalah komunikasi membuatnya menjadi sangat sulit," kata Payne.

Menurut para ilmuwan letusan ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada terumbu karang, garis pantai, industri perikanan di wilayah tersebut dan menyebabkan hujan asam.

Selandia Baru mengatakan perusahaan jaringan telepon seluler internasional Digicel telah menyiapkan sistem sementara di pulau utama menggunakan parabola Universitas Pasifik Selatan.

Bank ANZ mengatakan cabang mereka di Nuk'alofa telah dibuka kembali untuk layanan terbatas walaupun air bersih dan komunikasi masih menjadi tantangan utama. Komunikasi di kepulauan masih terputus sejak erupsi yang merusak kabel bawah laut.

 

Seniman dan aktivis asal Tonga yang bermukim di Australia, Seini Taumoepeau mengatakan yang paling ditakutkan adalah tidak dapat bertemu keluarga lagi. "Sejak sebelum tsunami benar-benar menghantam kami sudah mengontak semua orang dari Tonga, sejak gunung berapi meletus, dan kemudian semuanya jadi gelap," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement