Jumat 18 Feb 2022 12:51 WIB

Malawi Temukan Kasus Polio Liar Pertama dalam Lima Tahun

WHO akan ambil tindakan pencegahan penyebaran polio liar di Malawi.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak, di Karachi, Pakistan, Senin, 13 Desember 2021. Strain (galur) virus polio liar yang ditemukan pada anak di Lilongwe, Malawi serupa dengan satu kasus yang beredar di Pakistan.
Foto:

Polio adalah penyakit yang sangat menular. Virus ini biasanya menyebar melalui air atau makanan yang terkontaminasi. Virus polio menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan total dalam beberapa jam.

 

Sejauh ini obat untuk mengatasi polio belum ditemukan. Tetapi, vaksin polio yang dikembangkan pada 1950-an, telah mencegah penyebaran dan memberantas virus di sebagian besar negara di dunia.

Polio tetap menjadi endemik di Pakistan dan Afghanistan. Miliarder dermawan Bill Gates telah melakukan kunjungan pertamanya ke Pakistan.

Gates mengatakan, upaya vaksinasi polio yang berkelanjutan di Pakistan dan Afghanistan akan menentukan apakah dunia dapat memberantas virus itu sepenuhnya. Menurut data GPEI, sejak 1988, kasus virus polio di seluruh dunia telah turun 99, persen yaitu dari sekitar 350 ribu menjadi hanya lima kasus di Afghanistan dan Pakistan tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement