Jumat 04 Mar 2022 09:36 WIB

Ukraina: PLTN Terbesar Terbakar Diserang Rusia, Efek Ledakan Bisa 10x Lipat Chernobyl

Menlu Ukraina melaporkan PLTN terbesar di Eropa telah terbakar diserang Rusia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Foto dokumentasi Unit pembangkit listrik di PLTN Zaporizhzhia di kota Enerhodar, di selatan Ukraina, pada 12 Juni 2008. Ukraina mengonfirmasikan PLTN terbesar di Eropa itu telah diserang oleh Rusia pada Jumat (4/3/2022) dini hari.
Foto:

Sementara itu, Dewan Kota Mariupol, Ukraina mengungkapkan bahwa pasukan Rusia terus-menerus membombardir kotanya. Dewan mengatakan, Rusia sengaja menargetkan infrastruktur sipil vital di pelabuhan Ukraina tenggara.

Serangan Rusia telah melumpuhkan aliran air, tiang pemancar siaran TV, dan listrik kota tersebut.  Rusia juga menghalangi pengiriman pasokan kebutuhan maupun evakuasi warga.

"Mereka menghancurkan pasokan makanan, mengepung kami, seperti di Leningrad dulu," kata Dewan lewat pernyataan pada Kamis (3/3/2022).

photo
Timeline invasi Rusia ke Ukraina - (Tim infografis Republika)

Dewan mengibaratkan serangan Rusia saat ini seperti peristiwa Siege of Leningrad, yakni pengepungan Nazi Jerman di kota Soviet--yang sekarang dikenal sebagai St Petersburg--selama Perang Dunia II. Sekitar 1,5 juta orang meninggal dalam pengepungan selama lebih dari dua tahun tersebut.

"Sengaja, selama tujuh hari, mereka menghancurkan infrastruktur pendukung kehidupan kritis (Mariupol). Kami tidak lagi memilik penerangan, air, dan pemancar," kata dewan.

sumber : Antara, Reuters, AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement