Kamis 10 Mar 2022 15:20 WIB

Korut akan Luncurkan Satelit Pengintai untuk Awasi Gerak-gerik AS

Satelit pengintai militer akan ditempatkan ke orbit kutub sinkron matahari

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi peluncuran satelit
Foto:

Kelompok pemantau Korea Utara, 38 North, mengatakan, Korea Utara belum lama ini melakukan peluncuran sub-orbital. Peluncuran itu kemungkinan menggunakan rudal balistik jarak menengah, dan dirancang untuk meletakkan komponen kunci dari satelit pengintai.

Komponen tersebut, termasuk stabilisasi satelit, muatan pencitraan, dan transmisi data. Menurut 38 North, Korea Utara  mungkin mengalami kegagalan dalam pengujian sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan pengujian tambahan.

“Masih harus dilihat seberapa mampu setiap satelit citra Korea Utara, frekuensi peluncuran, atau berapa banyak satelit semacam itu yang dapat dipertahankan di orbit pada satu waktu, semua indikator kunci dari signifikansi militer sebenarnya dari satelit tersebut,” ujar 38 North.

Terlepas dari itu, peluncuran satelit pengintai ini memiliki nilai propaganda dan menunjukkan kehebatan teknologi dan kepemimpinan Korea Utara yang efektif. 38 North mengatakan, peluncuran dapat memberikan kontribusi teknis pada kemampuan ICBM Korea Utara, tergantung pada jenis pendorong roket yang digunakan.

 

“Ini mungkin menjadi awal dari perkembangan lain yang lebih provokatif yang disebutkan oleh Kim, seperti pengujian rudal multi-hulu ledak, ICBM propelan padat, dan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam propelan padat ICBM,” kata 38 North. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement