Ahad 27 Mar 2022 20:09 WIB

Turki Dorong Negara-Negara Jalin Pembicaraan dengan Rusia

Turki mengingatkan bahwa pembicaraan dengan Rusia penting untuk akhiri konflik.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia Vladimir Putin. Presiden AS Joe Biden menyebut Putin sebagai tukang daging. HInaan seperti itu dianggap membakar jembatan pembicaraan dengan Rusia.
Foto:

Macron mengatakan, saat ini dia memiliki dua tugas utama dalam konteks konflik di Ukraina. Ia harus memastikan pencapaian gencatan senjata dan penarikan total pasukan Rusia lewat jalur diplomatik.

"Jika kita ingin melakukan itu, kita tidak dapat meningkatkannya dengan kata-kata atau tindakan," ujar Macron, saat diwawancarai lembaga penyiaran France 3, Ahad (27/3/2022).

Pada Sabtu (26/3/2022) lalu, Biden mengunjungi pusat pengungsi Ukraina di sebuah stadion di Warsawa. Gedung Putih mengatakan bahwa Biden telah berbicara dengan para pengungsi dan sukarelawan. Ketika ditanya oleh seorang reporter apa pendapatnya tentang Putin dan tentang yang terjadi di Ukraina, Biden menjawab, "Dia (Putin) seorang tukang daging".

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, hinaan yang dilayangkan Biden kepada Putin mempersempit peluang bagi kedua negara untuk memperbaiki hubungan. Peskov mengungkapkan, seorang pemimpin negara seharusnya dapat mengendalikan emosinya.

"Dan, tentu saja, setiap kali penghinaan pribadi seperti itu (diucapkan, mereka) mempersempit jendela peluang bagi hubungan bilateral kita di bawah pemerintahan (AS) saat ini. Hal ini perlu diwaspadai," ujar Peskov, pada Sabtu, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca juga : Bantuan Senjata tak Kunjung Tiba, Zelenskyy: Apakah Barat Takut Rusia?

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement