Senin 18 Apr 2022 15:02 WIB

Brasil Tangkap Salah Satu Pentolan Geng Penjara dan Eksportir Kokain

PCC yang didirikan di Penjara Sao Paulo salah satu organisasi kejahatan paling kuat

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Suasana di penjara Brasil. PCC yang didirikan di Penjara Sao Paulo menjadi salah satu organisasi kejahatan paling kuat di benua Amerika. Ilustrasi.
Suasana di penjara Brasil. PCC yang didirikan di Penjara Sao Paulo menjadi salah satu organisasi kejahatan paling kuat di benua Amerika. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Kementerian Kehakiman Brasil mengatakan polisi federal menangkap ketua nomor 2 First Capital Command (PCC). PCC adalah kelompok kriminal atau geng yang paling berkuasa di penjara dan eksportir kokain besar.

Pada Ahad (17/4/2022) kementerian mengatakan Valdeci Alves dos Santos yang dikenal sebagai Colorido ditangkap pada Sabtu (16/4/2022) kemarin di timur laut Kota Salgueiro. Ia merupakan buronan sejak 2014 dan masuk daftar penjahat yang paling dicari.

Baca Juga

Kementerian Kehakiman Brasil menambahkan dos Santos merupakan salah satu dari pemasok narkoba terbesar di tenggara Brasil. PCC yang didirikan di Penjara Sao Paulo menjadi salah satu organisasi kejahatan paling kuat di benua Amerika.

Mereka bertanggung jawab mengirimkan narkoba dari produsen-produsen di Amerika Selatan ke pasar konsumen di Brasil dan Eropa. Sebagian besar petinggi kelompok tersebut sudah dipenjara selama bertahun-tahun.

Namun, kata kementerian, Colorido yang merupakan orang nomor 2 di PCC masih berkeliaran dengan bebas sampai akhirnya ditangkap Sabtu kemarin. Pada 2020 penyelundup narkoba PCC, Gilberto Aparecido dos Santos yang julukannya Fuminho ditangkap di Mozambik. Penangkapan ini menandakan geng tersebut sudah melebarkan sayapnya di panggung internasional. Fuminho menjadi buron selama 20 tahun sampai ia ditangkap di Maputo.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement