Senin 09 May 2022 11:25 WIB

AS Selidiki 109 Kasus dan Lima Kematian Anak Akibat Hepatitis Akut Misterius

Lima anak AS meninggal dunia akibat hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda
Wakil Direktur Penyakit Menular di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Jay Butler, mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi kasus hepatitis akut misterius pada anak-anak AS.
Foto:

Butler mengatakan, sebagian besar dari anak-anak yang diidentifikasi terinfeksi hepatitis misterius tidak memenuhi syarat untuk vaksinasi Covid-19. CDC sedang menyelidiki apakah infeksi SARS-CoV-2 sebagai virus penyebab Covid-19 mungkin memiliki peran dalam penyebaran hepatitis misterius, di samping paparan patogen, obat-obatan, dan hewan lain.

Dibandingkan tingkat prapandemi, CDC belum melihat peningkatan keseluruhan dalam kejadian hepatitis parah pada anak-anak.  Perkembangan kasus terjadi menyusul penyelidikan di Amerika Serikat dan Eropa.

CDC Amerika Serikat bekerja dengan rekan-rekannya di Eropa untuk memahami penyebab infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan gagal hati. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerima laporan setidaknya 228 kemungkinan kasus dari 20 negara, dengan lebih dari 50 kasus tambahan yang sedang diselidiki.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement