Selasa 07 Jun 2022 16:08 WIB

Jurnalis Inggris Hilang di Lembah Javari, Daerah Paling Terasing di Hutan Amazon

Jurnalis Inggris Dom Phillips sedang liputan suku paling terasing di hutan Amazon.

Jurnalis Inggris Dom Phillips (kanan) dan warga suku Yanomami berjalan di Desa Maloca Papiu, negara bagian Roraima, Brasil, November 2019. Kelompok masyarakat adat melaporkan bahwa Phillips dan pakar masyarakat adat Bruno Araujo Pereira hilang di daerah terasing hutan Amazon pada Senin (6/6/2022).
Foto:

Melalui pernyataan soal hilangnya kedua sosok itu, Persatuan Masyarakat Adat Lembah Javari (UNIVAJA) mengatakan ada sejumlah ancaman yang muncul dalam beberapa hari belakangan ini. Tidak ada kejelasan apakah ancaman tersebut ditujukan pada para anggota UNIVAJA ataupada Phillips dan Pereira.

Sementara itu, menurut Survival International, sebuah lembaga nirlaba yang membela masyarakat adat, Pereira sebelumnya pernah mendapat sejumlah ancaman terkait kegiatannya selama bertahun-tahun bersama suku-suku asli. Karena itu, Survival International menyebut, "tindakan perlu segera diambil untuk mengetahui keberadaan Phillips dan Pereira."

UNIVAJA mengatakan, Phillips dan Pereira melakukan perjalanan dengan sebuah perahu kecil. Namun, wilayah itu sulit ditembus karena hutan yang lebat serta banyak tanaman terapung dan merambat.

UNIVAJA sudah mengerahkan dua tim untuk ikut mencari keberadaan kedua pria itu. Juru bicara kementerian luar negeri Inggris mengatakan pihaknya terus menjalin kontak dengan pihak berwenang Brasil.

 

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement