Sabtu 06 Aug 2022 01:10 WIB

Kunjungan Pelosi ke Taiwan Dikecam, Gedung Putih Panggil Dubes China

China gelar latihan militer terbesar di Selat Taiwan usai Pelosi pergi dari Taiwan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Dokumentasi foto Ketua House of Representatives AS Nancy Pelosi. Menyusul kunjungan Pelosi ke Taiwan, China menunjukkan reaksi dengan melakukan latihan militer di sekitar perairan Taiwan.
Foto:

Kunjungan Pelosi ke Taiwan merupakan kunjungan pejabat AS dengan tingkat tertinggi dalam 25 tahun terakhir. Kunjungan yang tak terencana ini terjadi setelah Jepang mengutarakan kekhawatiran atas kekuatan China yang tumbuh di Indo-Pasifik dan kemungkinan bahwa China mungkin akan mengambil tindakan militer terhadap Taiwan.

"Kami sejak awal mengatakan bahwa representasi kami di sini tidak untuk mengubah status quo di Taiwan atau di wilayah itu," jelas Pelosi setelah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Sehari setelah kepergian Pelosi dari Taiwan, yaitu pada Kamis (4/8/2022), China mengadakan latihan militer terbesar di Selat Taiwan. Latihan ini dijadwalkan akan berlangsung hingga Ahad mendatang. Latihan ini akan melibatkan tembakan langsung ke perairan dan wilayah udara di sekitar Taiwan.

Sejauh ini, lima dari sembilan rudal yang ditembakkan dalam latihan militer jatuh ke ZEE Jepang. Berkaitan dengan ini, Jepang telah melayangkan protes diplomasi kepada China. Menteri Pertahanan Jepang, Nobuo Kishi, mengungkapkan bahwa peristiwa seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement