Ahad 14 Aug 2022 08:23 WIB

Dikira Idap Cacar Monyet, Penumpang Ini Diminta Turun dari Pesawat

Penumpang Spirit Airlines memprotes perlakuan pramugari soal dugaan cacar monyet.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jacqueline Nguyen (kanan) tampak memiliki gangguan kulit di daerah pelipisnya. Pramugari Spirit Airlines, AS mengira eksim yang dideritanya ialah lesi cacar monyet.
Foto:

Akan tetapi, Nguyen mengaku malu dan jengah karena semua orang di pesawat telah mengira dia berpenyakit. Alasan dia mengunggah pengalaman itu di TikTok ialah agar banyak orang sadar ada sebagian pengidap kondisi kulit fisik lain yang bukan cacar monyet.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

Nguyen mengatakan Spirit Airlines belum menghubungi mereka tentang insiden itu. Sehari setelah dia mengunggah video di TikTok, Nguyen dan kawannya diberhentikan dari posisinya sebagai pramugari. Mereka menolak berkomentar apakah akan mengambil tindakan hukum terkait hal tersebut.

"Saya ingin mengatakan bahwa saya mengerti ada tindakan pencegahan, tetapi ketika tindakan pencegahan ini didasarkan pada ketidaktahuan, itu berubah menjadi prasangka," ujar Nguyen, seperti dikutip dari laman Insider, Sabtu (13/8/2022).

Ada juga seorang perempuan yang memiliki tumor kulit jinak dan malah dikira mengidap cacar monyet. Pengalaman perempuan itu tersebar lewat video TikTok yang direkam tanpa persetujuannya. Pengidap masalah kulit lain, seperti jerawat kistik, berkomentar bahwa mereka takut hal serupa terjadi pada mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement