Jumat 26 Aug 2022 16:55 WIB

PLTN Zaporizhzhia Dimatikan Sementara

Pembangkit listrik terputus dari jaringan setelah kebakaran merusak jalur transmisi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia dimatikan sementara
Foto:

Ketakutan itu terlihat jelas di seberang Sungai Dnieper di Nikopol. Penduduk telah berada di bawah serangan Rusia yang hampir konstan sejak 12 Juli, dengan delapan orang meninggal, 850 bangunan rusak, dan lebih dari setengah populasi 100.000 melarikan diri dari kota.

Selain itu ada ketakutan ancaman kebocoran terhadap reaktor Zaporizhzhia akibat terus terjadinya pertempuran. Pakar keselamatan nuklir di University of Sussex Paul Dorfman menyatakan, fasilitas itu memiliki model yang berbeda dari yang ada di Chernobyl. Meski  angin yang tidak menguntungkan masih dapat menyebarkan kontaminasi radioaktif ke segala arah.

“Jika ada yang tidak beres, maka kita memiliki bencana radiologi skala penuh yang bisa mencapai Eropa, sampai ke Timur Tengah, dan tentu saja bisa mencapai Rusia, tetapi kontaminasi paling signifikan akan terjadi di daerah terdekat,” kata penasihat pemerintah Inggris dan Irlandia.

Departemen Layanan Darurat Nikopol telah melakukan pengukuran radiasi setiap jam sejak invasi Rusia. Sebelumnya, itu setiap empat jam.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement