Ahad 28 Aug 2022 16:55 WIB

Warga Gaza Gantungkan Hidup Dengan Izin Kerja dari Israel

Upak kerja di Gaza tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
 Seorang pekerja Palestina melintasi bagian pagar pemisah Israel yang rusak, pulang ke rumah setelah seharian bekerja di Israel, di desa Jalameh, Tepi Barat, dekat Jenin, Senin, 6 September 2021. Israel melancarkan perburuan besar-besaran di negara itu. utara dan Tepi Barat yang diduduki Senin pagi setelah enam tahanan Palestina keluar dari sel mereka dan melarikan diri semalam dari fasilitas keamanan tinggi dalam pelarian yang sangat langka.
Foto:

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz memberikan 1.500 izin kerja tambahan bagi warga Gaza, dengan syarat situasi keamanan tetap tenang. Para kritikus menilai, izin itu sebagai alat kontrol Israel terhadap Palestina. Karena Israel kerap memberikan berbagai macam persyaratan terkait izin kerja tersebut. Israel menganggap aksi protes damai Palestina sebagai ancaman terhadap ketertiban umum, dan ini dapat menyebabkan izin kerja dibatalkan.

Seorang pejabat di Kamar Dagang Gaza,  Maher al-Tabaa, mengatakan, izin itu tidak banyak berpengaruh pada ekonomi Gaza yang sangat dibatasi oleh blokade.  Dia mengatakan, mereka yang bekerja di Israel menyumbang pendapatan sekitar 1 juta dolar AS sehari ke dalam ekonomi Gaza.

Sebelum Hamas mengambil alih Gaza pada 2007, sekitar 120 ribu warga Gaza bekerja di dalam wilayah Israel.  Hampir semuanya kehilangan izin, ketika Israel memperketat blokade tahun itu.  Sejak itu, populasinya meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 2,3 juta dengan ekonomi yang hampir runtuh.

Israel mengatakan, blokade diperlukan untuk mencegah Hamas membangun persenjataannya. Sementara kelompok hak asasi manusia melihatnya sebagai bentuk hukuman kolektif. Al-Tabaa mengatakan, meningkatkan izin kerja menjadi tiga kali lipat dari jumlah saat ini dapat memulihkan ekonomi di Gaza.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement