Kamis 13 Oct 2022 18:15 WIB

Turis Luar Angkasa Pertama akan Kembali Berwisata, Kali Ini Keliling Bulan

Dennis Tito mendaftar untuk berkeliling bulan di atas kapal luar angkasa Elon Musk

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Dennis Tito akan ke bulan bersama istri dan 10 orang lainnya dengan roket SpaceX.
Foto:

Tito mengatakan, kontrak pasangan itu dengan SpaceX ditandatangani pada Agustus 2021 dan diumumkan Rabu (12/10/2022). Kontrak ini mencakup opsi untuk penerbangan dalam lima tahun dari sekarang. Tito akan berusia 87 tahun saat itu dan dia ingin melepaskan kesempatan keduanya jika kesehatannya tidak stabil

"Tapi jika saya tetap sehat, saya akan menunggu 10 tahun,” katanya.

Istri Tito yang berusia 57 tahun mengaku tak perlu dibujuk untuk menikmati cara berwisata baru ini. Penduduk Los Angeles itu adalah pilot dan memahami risikonya. Mereka berbagi visi Musk tentang masa depan spacefaring dan percaya pasangan menikah yang terbang bersama ke bulan akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Tito menjual perusahaan investasinya Wilshire Associates hampir dua tahun lalu. Dia mengatakan tidak merasa bersalah menghabiskan uang untuk penerbangan luar angkasa dibandingkan menghabiskan uangnya di Bumi. “Kami sudah pensiun dan sekarang saatnya menuai hasil dari semua kerja keras,” katanya.

Harapan Tito untuk melakukan perjalanan luar angkanya ini juga akan menghancurkan anggapan sebelumnya tentang usia, seperti yang dilakukan oleh pesawat ulang-alik John Glenn pada 1998. Warga Amerika pertama yang mengorbit Bumi masih memegang rekor sebagai orang tertua di orbit.

"Dia baru berusia 77 tahun. Dia masih muda. Aku mungkin akan 10 tahun lebih tua darinya," kata Tito.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement