Ahad 23 Oct 2022 17:35 WIB

Meksiko Bersiap Hadapi Badai Roslyn

Meksiko bersiap hadapi Badai Roslyn yang masuk sebagai badai Kategori 4

Rep: Rizky Jaramaya / Fergi Nadira/ Red: Esthi Maharani
Pejabat darurat Meksiko memperingatkan, Badai Roslyn yang masuk sebagai badai Kategori 4 bergerak menuju zona wisata di sepanjang pantai Pasifik negara itu.
Foto: AP/NOAA
Pejabat darurat Meksiko memperingatkan, Badai Roslyn yang masuk sebagai badai Kategori 4 bergerak menuju zona wisata di sepanjang pantai Pasifik negara itu.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pejabat darurat Meksiko memperingatkan, Badai Roslyn yang masuk sebagai badai Kategori 4 bergerak menuju zona wisata di sepanjang pantai Pasifik negara itu. Pusat Badai Nasional AS (NHC) memperkirakan, badai tersebut akan mendarat pada Ahad (23/10/2022) pagi.

Badai Roslyn diperkirakan bergerak ke utara pada Sabtu (22/10/2022) saat mendekati barat-tengah Meksiko, sebelum mendarat di sepanjang pantai negara bagian Nayarit pada Ahad pagi. NHC mengatakan, badai ini membawa angin yang merusak, menyebabkan gelombang badai besar dan banjir pesisir yang signifikan. Negara bagian Nayarit adalah rumah bagi tujuan pantai populer seperti Sayulita dan Punta Mita.

Baca Juga

Angin berkelanjutan maksimum mendekati 130 mph (215 kph), dan curah hujan hingga 10 inci (25 cm) diperkirakan terjadi di sepanjang pantai utara negara bagian Jalisco, yang bertetangga dengan Nayarit.  Sementara di pantai Colima dan Nayarit barat, curah hujan diperkirakan mencapai 8 inci.

Peringatan badai berlaku untuk pantai di Playa Perula ke Escuinapa dan Las Islas Marias. Pejabat setempat mengatakan, beberapa pantai ditutup dan tempat penampungan darurat dibuka untuk orang-orang yang dievakuasi di daerah pesisir di Nayarit dan Jalisco, termasuk Puerto Vallarta dan La Huerta. Sebuah video yang diunggah di Twitter oleh badan perlindungan sipil Meksiko menunjukkan gelombang besar menghantam pantai di Nayarit, dengan peringatan untuk menjauh dari air.

"Hujan deras dapat menyebabkan banjir bandang dan kemungkinan tanah longsor di daerah-daerah dengan medan terjal di pesisir barat daya dan barat-tengah Meksiko," kata NHC

NHC mengatakan, Badai Roslyn dapat menyebabkan kondisi ombak dan arus yang mengancam jiwa dari pantai barat-tengah Meksiko. Termasuk bagian selatan semenanjung Baja California.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement