Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Badai Lorena Mengitari Pantai Meksiko

Sabtu 21 Sep 2019 18:00 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah

Badai (ilustrasi)

Badai (ilustrasi)

Foto: Reuters
Badai Lorena tercatat sebagai badai kategori 1.

REPUBLIKA.CO.ID, CABO SAN LUCAS -- Badai Lorena mengitari pantai timur Meksiko, Baja di Semenanjung Kalifornia. Badai memicu peringatan dini di wilayah pantai tersebut, tapi tampaknya badai tidak melaju langsung ke dua kota kembar Los Cabos.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (AS) mengatakan badai Kategori 1 Lorena tercatat dengan kecepatan maksimal 130 kilometer per jam, Sabtu (21/9). Badai itu berpusat sekitar 65 kilometer dari timur-tenggara pusat Negara Bagian Baja California, La Paz.

Diperkirakan badai itu melaju dengan kecepatan 13 kilometer per jam ke arah utara-barat daya yang sejalur dengan pantai Laut Cortez. Peringatan ini untuk semananjung antara Santa Rosalia dan Puerto Cortes. Penampakan badai diumumkan di sebagai semananjung dan daratan utama Meksiko dari Altata sampai Bahia.

Selama berhari-hari perkiraan cuaca memprediksi badai akan mendarat atau mendekat ke Los Cabos. Tapi di menit-menit terakhir badai itu mengambil jalur ke timur area pariwisata mewah itu.

Pada Jumat pagi warga dan turis di Cabo San Lucas dan San Jose del Cabo tiarap di rumah-rumah, tempat penampungan, dan hotal-hotel. Mereka mendengar peringatan ada angin, banjir dan ombak yang menghancurkan serta mengancam nyawa.

Polisi dan tentara memasuki pemukiman berpenghasilan rendah di Los Cabos. Meminta warga untuk mengungsi. Para warga setempat yang telah merasakan dampak badai sebelumnya tidak memiliki pilihan lain selain menarik kembali kapal-kapal mereka dari pantai dan menutup pintu serta jendela.

Pihak berwenang Los Cabos mengatakan 787 orang sudah diungsikan ke 18 pemukiman sementara. Ombak besar sempat menghantam dua pantai pariwisata di sana. Tapi pada sore hari awan terbuka sebagian dan orang-orang mulai menghampiri pantai untuk melihat situasi laut.

Peringatan masih dipertahankan di dua kota kembar Los Cabos. Walaupun prediksi terakhir pusat badai masih belum pasti. Pusat badai Lorena sudah menjauh ke utara.

Baca Juga

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA