Senin 24 Oct 2022 05:55 WIB

Prancis Resmikan Monumen Penghormatan untuk Anjing Pahlawan

Sebagai pengakuan atas mitra berkaki empat, Prancis meresmikan monumen untuk anjing

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
 Sebagai pengakuan atas mitra berkaki empat, Prancis meresmikan sebuah peringatan yang memberi penghormatan kepada semua “anjing pahlawan sipil dan militer”
Foto:

Para anjing ini menjalani serangkaian tes untuk melihat apakah antusias menggigit, mau bermain, dan tidak mudah kaget di lingkungan yang penuh tekanan. Menurut prajurit resimen, kualitas terpenting yang dibutuhkan adalah keberanian.

"Kami banyak menggunakan indra penciuman, penglihatan, kemampuan fisik mereka. Itu sebabnya kami memiliki banyak anjing Belgian, German shepherds, anjing yang bisa berlari, yang tahan terhadap panas dan dingin,” jelas anggota unit anjing Audrey.

"Mereka adalah anjing pekerja yang sangat baik," ujarnya.

Ketika anjing tersebut tidak lagi dapat memenuhi misinya, mereka tersebut pensiun. Audrey berencana untuk menjaga pasangannya, Moocki, di rumah ketika saatnya tiba. Dia menjelaskan rekan dalam bertugas adalah orang-orang dalam posisi terbaik untuk memilih keluarga untuk anjing pensiunan.

"Kami mencoba, sebagai pawang, untuk melakukan ini sebaik mungkin... tergantung pada anjingnya, karakternya. Beberapa anjing mungkin juga mengalami gangguan stres pasca-trauma," kata Audrey.

Prancis menciptakan departemen pertama untuk melatih anjing untuk tugas aktif selama Perang Dunia I. Mereka mencari tentara yang terluka, memperingatkan penjaga, dan membawa pesan, makanan, dan amunisi di garis depan perang 1914-1918.

Negara-negara lain telah mengakui kontribusi anjing pada masa perang. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memberikan medali kepada anjing terrier Jack Russell bernama Patron yang mengendus ranjau setelah Rusia menginvasi Ukraina. Patron kemudian menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang memujinya sebagai sosok yang terkenal di dunia.

Sedangkan di AS, terdapat monumen nasional pertama yang didedikasikan untuk tim anjing pekerja militer yang diresmikan pada 2013 di Pangkalan Bersama San Antonio-Lackland di Texas. Fasilitas ini merupakan rumah bagi pusat pelatihan anjing militer terbesar di dunia.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement