Selasa 01 Nov 2022 04:20 WIB

Yordania Hentikan Sementara Impor Minyak Zaitun dari Palestina

Yordania sedang berada di musin produksi minyak zaitun lokal.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Reiny Dwinanda
Pedagang Palestina menjual zaitun dan acar di pasar sebelum bulan suci Ramadhan di Kota Gaza, (21/4/2020). Yordania menangguhkan sementara izin impor minyak zaitun dari Palestina.
Foto:

Hasil bumi ini bahkan hingga kini masih menjadi salah satu andalan ekspor Palestina di tengah pendudukan Israel. Ada sekitar 10 juta pohon zaitun di tanah Palestina. Pohon dan hasil buminya disebut sebagai simbol dari identitas rakyat Palestina, makanan, hingga peninggalan bersejarah.

"Minyak zaitun adalah kehidupan kami, identitas kami, dan masa depan kami. Dari cerita kakek nenek kami, zaitun menghidupi tanah kita sehingga bisa ditinggali. Minyak zaitun adalah simbol dari rakyat Palestina," kata salah seorang Petani, Mohamed Abu Awwad.

"Orang Israel selalu menargetkan pohon-pohon itu dibanding tumbuhan lain yang ada di Palestina. Mereka memotongnya, menutup kebunnya, dan membakarnya, mencoba menghentikan identitas orang Palestina. Kita menonton di televisi orang Israel dengan sengaja mencabut dan membakar pohon zaitun, mereka tidak ingin melihat satu pohon pun di wilayah tepi barat," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement