Rabu 02 Nov 2022 16:18 WIB

Lima Singa Kabur dari Kandang Kebun Binatang di Australia

Kebun binatang Taronga Zoo di Sydney langsung menyalakan alarm keadaan darurat

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Singa. Ilustrasi.
Foto: Pixabay
Singa. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY - Lima ekor singa Afrika membuat geger seisi kebun binatang di Australia setelah kabur dari kandang pada Rabu (2/11/2022). Kebun binatang Taronga Zoo di Sydney langsung menyalakan alarm keadaan darurat dengan menutup area sebagai tindakan pencegahan agar singa tidak pergi keluar kebun binatang.

Seluruh pengunjung yang panik diinstruksikan segera lari ke lokasi yang lebih aman. Kebun binatang kemudian ditutup total dari pengunjung baru.

Baca Juga

Menurut keterangan kebun binatang, satu anak singa berhasil ditangkap dan semua singa akhirnya diamankan dalam beberapa menit. Dilansir laman BBC, Rabu, tidak ada yang terluka dalam insiden ini.

Namun direktur eksekutif kebun binatang Simon Duffy menganggap insiden ini sangat signifikan dan akan diselidiki lebih jauh lagi. Pihak kebun binatang juga masih belum mengetahui secara jelas bagaimana dan mengapa lima ekor singa Afrika itu bisa kabur dari kandang.

Duffy mengatakan singa telah memasuki area kecil dekat kandang atau sekitar 100 meter dari tempat para tamu menginap di kebun binatang semalaman. "Singa-singa itu tidak pernah keluar dari area [berdekatan] itu atau keluar dari Kebun Binatang Taronga," katanya.

Duffy mengungkapkan daerah kecil dilindungi oleh pagar enam kaki biasanya digunakan untuk menjaga orang pada jarak yang aman dan seluruh kebun binatang dikelilingi oleh pagar pembatas. Rekaman CCTV menunjukkan bahwa seorang penjaga membunyikan alarm dalam waktu 10 menit setelah singa-singa melarikan diri.

"Pameran singa akan tetap ditutup sampai pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan 100 persen aman," tambah Duffy.

Pelarian hewan di kebun binatang Australia jarang terjadi. Pada tahun 2009, seekor singa betina melarikan diri dari kandangnya di Kebun Binatang Mogo, selatan Sydney, dan harus ditembak mati karena bahaya yang ditimbulkannya kepada publik.

Taronga Zoo berada di lingkungan yang subur dan rimbun dengan pemandangan Gedung Opera Sydney yang terkenal dengan jembatan pelabuhannya. Meski terjadi insiden lepasnya singa dari kandang, kebun binatang dilaporkan akan tetap buka besok.

Taronga Zoo memiliki dua ekor singa dewasa bernama Ato (jantan) dan Maya (betina). Ato dan Maya punya lima anak yakni Zuri, Khari, Luzuko, Ayanna, dan Malika. Seekor singa jantan Afrika bisa mencapai berat 250 kilogram, sementara yang betina beratnya bisa menyentuh 180 kilogram.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement