Ahad 06 Nov 2022 12:55 WIB

Kepolisian Spanyol Sita 32 Ton Ganja Senilai 64 Juta Euro

Penyitaan ganja itu merupakan yang terbesar tak hanya di spanyol tapi juga dunia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Ilusrrasi ganja. Kepolisian Spanyol berhasil menyita 32 ton ganja senilai 64 juta euro.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilusrrasi ganja. Kepolisian Spanyol berhasil menyita 32 ton ganja senilai 64 juta euro.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kepolisian Spanyol berhasil menyita 32 ton ganja senilai 64 juta euro. Mereka menyebut, itu merupakan jumlah sitaan terbesar yang pernah ditemukan, tidak hanya di Spanyol, tapi juga dunia.

32 ton ganja itu berhasil diamankan setelah kepolisian Spanyol menggerebek sejumlah pertanian dan pabrik produksi yang tersebar di seluruh negara tersebut. Operasi penggerebekan itu diberi nama Gardens.

Baca Juga

“Garda Sipil telah menyita cache terbesar dari paket ganja yang ditemukan sejauh ini. Itu setara dengan sekitar 1,1 juta tanaman,” kata Garda Sipil Spanyol dalam sebuah pernyataan, Sabtu (5/11/2022).

Dari operasi Gardens, kepolisian Spanyol juga menangkap sembilan pria dan 11 wanita. Mereka berusia antara 20 hingga 59 tahun. Polisi mengatakan para tersangka mengeringkan tanaman ganja, mengemasnya, kemudian mengirimnya ke beberapa bagian Spanyol, Swiss, Belanda, Jerman, dan Belgia.

Para tersangka atau geng tersebut ditahan di Toledo, Ciudad Real, Valencia dan Asturias bulan lalu. Namun rincian operasi baru diumumkan pada Sabtu. Pada Juni lalu, Badan Pajak Spanyol mengatakan, mengacu pada operasi narkoba yang berbeda, bahwa ganja di sana bernilai “antara 2.300 euro dan 2.500 euro per kilogram”. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement