Jumat 16 Dec 2022 20:15 WIB

Kuil-Kuil Thailand Doakan Putri Raja

Kuil-kuil Thailand menggelar doa bersama untuk Putri Bajrakitiyabha

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Kuil-kuil Thailand menggelar doa bersama untuk anak tertua Raja Maha Vajiralongkorn yang sedang dirawat di rumah sakit.
Foto: EPA-EFE/NARONG SANGNAK
Kuil-kuil Thailand menggelar doa bersama untuk anak tertua Raja Maha Vajiralongkorn yang sedang dirawat di rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Kuil-kuil Thailand menggelar doa bersama untuk anak tertua Raja Maha Vajiralongkorn yang sedang dirawat di rumah sakit. Pemimpin-pemimpin senior termasuk perdana menteri menjenguk Putri Bajrakitiyabha.

Bajrakitiyabha pingsan pada Rabu (13/12/2022) pagi di Provinsi Nakhon Ratchasima. Dalam pernyataannya Kamis (15/12/2022) Kerajaan Thailand mengatakan putri berusia 44 tahun itu diterbangkan ke Bangkok saat kondisinya mulai stabil dan kini dirawat di Rumah Sakit Chulalongkorn.  

Belum ada laporan terbaru mengenai kondisinya pada Jumat (16/12/2022) ini. Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, pejabat senior, politisi-politisi dan tokoh-tokoh agama berkunjung ke Rumah Sakit Chulalongkorn.

Mereka membawakan bunga warna jingga yang diasosiasikan dengan putri dan menandatangani buku doa lekas sembuh. Kantor Buddha Nasional Thailand mengatakan Pemimpin Tertinggi Buddha Thailand Somdet Phra Ariyavangsagatayana meminta semua kuil di dalam maupun luar negeri membacakan doa untuk putri.

Bajrakitiyabha merupakan salah satu dari tiga anak Raja Vajiralongkorn yang memiliki gelar resmi. Sehingga berdasarkan Undang-undang Suksesi Kerajaan 1924 dan konstitusi negara ia memiliki hak untuk menerima tahta.

Sejak dilantik 2016 lalu Raja belum mengumumkan siapa yang akan menggantikannya. Bila tidak ada anggota kerajaan yang resmi ditunjuk maka Bajrakitiyabha akan naik tahta.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement