Rabu 21 Dec 2022 07:14 WIB

Pengadilan Jerman Hukum Mantan Sekretaris di Kamp Nazi

Furchner dihukum dua tahun penjara karena membantu pembunuhan dalam 10.505 kasus.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Dalam file foto tertanggal 18 Juli 2017 ini, gerbang utama kayu mengarah ke bekas kamp konsentrasi Nazi Jerman Stutthof di Sztutowo, Polandia. Pada hari Selasa, 20 Desember 2022, pengadilan Jerman memvonis wanita berusia 97 tahun Irmgard Furchner sebagai pembantu lebih dari 10.000 pembunuhan untuk perannya sebagai sekretaris komandan SS kamp konsentrasi Stutthof Nazi selama Perang Dunia II. Perang II.
Foto:

Furchner tidak hadir untuk memulai persidangannya pada September 2021. Namun polisi kemudian menjemputnya dan dia ditahan selama beberapa hari.

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres Stephane Dujarric mengatakan, putusan itu menunjukkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk pertanggungjawaban atas kejahatan yang dilakukan dengan tindakan mengerikan seperti itu.

Jaksa di Itzehoe mengatakan selama persidangan, bahwa persidangan Furchner mungkin yang terakhir dari jenisnya. Namun, kantor kejaksaan federal khusus di Ludwigsburg yang bertugas menyelidiki kejahatan perang era Nazi mengatakan, jaksa penuntut di berbagai bagian Jerman memiliki lima kasus lagi yang tertunda.

Sejak pertengahan 1944, puluhan ribu orang Yahudi dari ghetto di Baltik dan dari Auschwitz memenuhi kamp. Mereka dikumpulkan di sana bersama dengan ribuan warga sipil Polandia yang tersapu dalam penindasan Nazi yang brutal atas pemberontakan.

Orang lain yang dipenjarakan di sana termasuk tahanan politik, penjahat yang dituduh, orang yang dicurigai melakukan aktivitas homoseksual, dan Saksi-Saksi Yehuwa. Lebih dari 60 ribu orang tewas di kamp tersebut.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement