Rabu 04 Jan 2023 16:43 WIB

Kevin McCarthy Berjanji Terus Maju Dalam Pemilihan Ketua DPR

McCarthy gagal dalam pemungutan suara ketiga untuk mendapat 218 suara

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Anggota Kongres dari Partai Republik Kevin McCarthy berjanji terus maju dalam pemilihan ketua DPR Amerika Serikat (AS).
Foto:

Kelompok Partai Republik yang menolak McCarthy khawatir ia tidak cukup untuk perang budaya dan persaingan partisan yang mendominasi DPR. Terutama setelah Trump berkuasa di Gedung Putih.

Sebelum pemungutan suara McCarthy sempat membujuk orang-orang yang menolaknya dalam pertemuan tertutup. Ia berjanji akan terus maju dalam pemilihan sampai ia mendapatkan suara yang dibutuhkan tapi mereka yang hadir dalam pertemuan itu tidak goyah.

McCarthy mengatakan jalannya menjadi ketua tergantung pada pemilih yang "hadir" baik mendukung maupun menolaknya yang akan menurunkan ambang batas syarat suara sebagai ketua.

McCarthy menghabiskan masa dewasa di politik sebagai staf Kongres kemudian legislator negara bagian kemudian terpilih sebagai anggota DPR. Sebagai ketua McCarthy dinilai akan mempersulit ambisi legislatif pemerintah Biden.

Namun ketua dari Partai Republik memiliki tugas yang berat untuk mengelola kaukus di majelis itu. Sebagian anggota yang setia pada Trump memiliki tendensi tidak bersedia berkompromi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement