Kamis 02 Mar 2023 09:20 WIB

Daftar Kecelakaan Kereta Terbesar di Eropa

Kecelakaan kereta di Yunani menewaskan sedikitnya 38 orang.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Puing-puing kereta tergeletak di jalur rel setelah tabrakan di Tempe, sekitar 376 kilometer (235 mil) utara Athena, dekat kota Larissa, Yunani, Rabu, 1 Maret 2023. Sebuah kereta penumpang membawa ratusan orang, termasuk banyak mahasiswa pulang dari liburan, bertabrakan dengan kecepatan tinggi dengan kereta barang yang melaju sebelum tengah malam pada hari Selasa (28/2/2023).
Foto:

Kereta Subway Spanyol

Sebuah kereta bawah tanah yang melaju dengan kecepatan tinggi jatuh di terowongan bawah tanah di timur kota Valencia pada Juli 2006. Kecelakaan ini menewaskan 43 orang dan melukai puluhan lainnya.

Butuh 13 tahun bagi pengadilan untuk memutuskan empat manajer sistem kereta bawah tanah kota bersalah. Mereka dinilai telah melakukan kelalaian karena tidak mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk mencegah tragedi itu.

Kereta Terjun ke Lubang

Pada Januari 2006, kegagalan sistem pengereman di kereta api menyebabkannya tergelincir dan terjun ke jurang di luar ibu kota Montenegro, Podgorica. Kecelakaan itu menewaskan 45 orang, termasuk lima anak, dan melukai 184 lainnya. Itu adalah bencana kereta api terburuk dalam sejarah Montenegro.

Ledakan di Stasiun

Pada 2009, sebuah kereta barang yang membawa gas tergelincir di stasiun Viareggio, dekat kota Lucca di Tuscan, dan meledak, menewaskan 32 orang. Poros kereta yang tidak dirawat dengan baik menjadi alasan peristiwa itu.

Kecelakaan Langsung di London

Kecelakaan kereta api terburuk di Inggris dalam 30 tahun terakhir terjadi pada Oktober 1999. Sebuah kereta yang berangkat dari stasiun Paddington London melewati lampu merah dan menabrak kereta berkecepatan tinggi yang masuk, menewaskan 31 orang dengan sekitar 400 orang terluka.

Kecelakaan Kereta Komuter

Pada Juli 2016, dua kereta komuter Italia bertabrakan di pagi hari antara kota-kota di wilayah selatan Puglia, menewaskan 31 orang dan melukai lebih banyak lagi. Investigasi menemukan kesalahan komunikasi antara stasiun tempat masing-masing kereta berangkat.

Kecelakaan di Jam Sibuk Dekat Brussels

Pada 15 Februari 2010, dua kereta komuter bertabrakan satu sama lain di luar Brussel pada jam sibuk pagi hari ketika salah satunya menerobos lampu merah. Secara keseluruhan, 19 orang meninggal dan 171 luka-luka dalam kecelakaan kereta terburuk di negara itu.

Kondisi yang memperparah tragedi itu adalah kecelakaan lampu merah serupa telah terjadi bertahun-tahun sebelumnya. Pemerintah ber anji untuk menambah langkah-langkah keamanan tidak sepenuhnya dilaksanakan. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement